7 Tips SEO (Search Engine Optimization) Untuk Blogger

Wednesday, September 21, 2016
7 Tips SEO (Search Engine Optimization) Untuk Blogger
SEO, seperti yang sobat sudah tahu, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam sederhananya, itu adalah cara search engine seperti Google, Yahoo, Bing maupun lainnya untuk memunculkan atau menampilkan blog sobat ke dalam hasil mesin pencari mereka.

Bagaimana mereka melakukannya?

Mereka melakukan semua itu menggunakan software canggih yang disebut dengan Spiders. Spiders akan menyelinap ke dalam blog sobat untuk memunculkan ke dalam search engine mereka dan kemudian memberikan peringkat untuk dimunculkan di mesin pencari mereka. Peringkat dalam mesin pencari itu penting, bahkan benar-benar penting. Semakin blog atau situs sobat disukai oleh software itu, semakin tinggi juga blog sobat di mesin pencari dan menjadikan blog sobat peringkat 1 di pencarian tertentu.

Jadi, untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik kita membutuhkan SEO. SEO harus kita optimalkan unuk mendapatkan peringkat tertinggi dari keyword sobat. Maka dari itu saya akan mencoba membahas tentang 7 Tips SEO untuk Blogger.

Sebelum kita menuju ke topiknya, saya akan menjelaskan sedikit dua dasar teknik SEO. Teknik SEO dibagi menjadi 2, yaitu Teknik SEO On-page  dan Teknik SEO Off-page. Teknik SEO On-page mengacu pada blog sobat, mulai dari kode HTML, isi dari blog sobat maupun konten grafis. Sedangkan untuk teknik SEO Off-page lebih berkaitan dengan hal-hal seperti backlink (hyperlink yang menuju ke blog sobat dari blog lainnya, aplikasi maupun jaringan).

1. Buat Judul Postingan yang SEO Friendly

Judul postingan sangat penting untuk SEO. Karena dengan judul postingan sobat bisa menentukan isi konten yang akan dibahas. Buatlah judul postingan yang sederhana, menarik, dan juga membuat pengunjung jadi penasaran.

Contoh SEO Title

Diharapkan untuk judul postingan tidak lebih dari 70 karakter (apabila lebih maka mesin pencari akan memotongnya).

2. Meningkatkan Kualitas Konten Blog

Jika sobat berpikir bawah "konten" tidak penting untuk SEO, pikirkan lagi! Konten adalah bagian paling penting dalam blog. Saat sobat menulis, jangan sampai copy-paste dari blog lain, tidak hanya memposting dengan gambar atau video saja dan tulislah setidaknya 300 kata.

Jadi, buatlah konten yang ditulis/diketik tangan sendiri, dan tidak keluar dari pembahasan judul postingan.Gunakanlah gambar yang seadanya. Pastikan judul gambar juga benar (apabila nama judul gambar itu "image01.jpg" tidak akan muncul di mesin pencari gambar, contoh judul gambar yang benar adalah "tips_seo.jpg"). Jangan lupa gunakan cara Tag HTML seperti <H2></H2> atau <H3></H3> dan lainnya (mesin pencari lebih suka dengan cara yang seperti itu). Dan perhatikan juga jumlah kata dari setiap postingan, postingan yang baik dengan jumlah kata yang lebih dari 300.

Contoh SEO Konten

3. Keyword Adalah Kunci

Keyword adalah istilah lain yang digunakan untuk mencari konten artikel blog. Dan juga menggunakan keyword yang tepat sangat baik untuk SEO. Janganlah keluar dari pembahasan kata kunci artikel, karena apabila sobat melakukannya, Spiders akan menganggapnya spam dan mungkin postingan sobat akan berada jauh dari yang diharapkan.

Contoh SEO Keyword

Gunakanlah Custom Permalink untuk meningkatkan keyword.

4. Gunakan Meta-tags yang Baik

Gunakanlah Meta-tags untuk kelangsungan blog, mulai dari meta-author, meta-content, meta-description, dan lain sebagainya.

5. Bersosialisasi!

Buatlah orang lain membicarakan blog sobat dan juga jangan lupa untuk selalu share konten sobat ke social media. Hal itu akan membuat Spiders berpikir bahwa blog sobat memang penting, sehingga peringkat blog sobat dalam search engine akan meningkat drastis.

Buatlah komentar yang relefan dan membuat pengguna blog tersebut akan merasa nyaman, sehingga pengguna blog orang lain juga akan senantiasa mengunjungi blog sobat. Hal ini memang tidak terlalu penting, tapi ini juga sangat bagus untuk meningkatkan SEO.

6. Link Masuk dan Link Keluar

Apa yang dimaksud link masuk dan link keluar? Link masuk adalah sebuah tautan yang datang dari luar blog, baik itu blog orang lain, media sosial, maupun lainnya (backlink). Sedangkan untuk link keluar adalah link yang saling bertautan antara postingan yang satu dengan postingan yang lainnya.

7. Sering Menulis Artikel

Blog yang dengan konten baru setiap hari atau dua kali, tiga kali dalam seminggu akan lebih baik daripada blog yang hanya posting dua minggu sekali. Frekuensi konten yang masuk akan membuat spiders datang ke blog sobat secara teratur, sehingga akan meningkatkan nilai SEO blog.

Itu dia pembahasan tentang 7 Tips SEO (Search Engine Optimization). Percayalah, bahwa peringkat dari suatu search engine itu berada di tangan sobat, bukan dari Google atau Bing. Jika sobat bisa melakukan SEO dengan baik maka blog sobat pasti berada di peringkat teratas, maka apabila sobat mengabaikan SEO maka spiders juga akan mengabaikan blog sobat.
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments